Jumat, 17 Juni 2016

7 tanda kebahagiaan hidup didunia

Ibnu Abbas mengatakan ada 7 tanda-tanda kebahagiaan hidup didunia :

1. Qalbun Syakirun
Hati yang selalu bersyukur, artinya selalu menerima apa adanya (Qana'ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada strees, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

2. Al-Azwajus Shalihah
Pasangan hidup yang shaleh/shalihah, pasangan yang seperti ini akan menciptakan susasana rumah yang sakinah.

3. Al-Auladul Abrar
Anak yang shaleh/shalihah, doa anak yang shaleh/shalihah kepada orang tuanya dijamin dikabulkan Allah, berbahagialah orang tua yang memiliki anak yang shaleh/shalihah.

4. Al-Baitus Shalihah
Lingkungan yang kondusif untuk iman kita, Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu bergaul dengan orang-orang shaleh/shalihah yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila kita salah.

5. Al-Maalaul Halal
Harta yang halal, bukan banyak harta, tapi harta yang dimiliki mubah atau bahkan haram wal'iadu billah. harta yang halal akan menjauhkan setan dari hati, hati menjadi bersih dan kokoh, sehingga memberikan ketenangan dalam hidup.

6. Tafaquh fid-dien
semangat untuk memahami agama, dengan belajar ilmu agama, semakin cinta kepada agama, semakin tinggi cinta kepada Allah dan Rasulullah, cinta inilah yang memberi cahaya pada hati.

7. Umur yang barokah
Makin tua makin shaleh, setiap detiknya diisi dengan amal ibadah, makin tua makin rindu untuk bertemu dengan sang pencipta, inilah semangat hidup bagi orang-orang yang barokah umurnya.

Semoga Allah memudahkan kita dalam perjuangan besar untuk memiliki 7 indikator kebahagiaan yang disebut Ibnu Abbas radhiallahu'anha diatas. Aamiin YaAllah.

sumber : IG : @teladan.rasul (FP Cahaya Islam)
Jazakallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar