Selasa, 18 Oktober 2016

Hadits tentang kawan-kawan yang terbaik.

Dari Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa Rasulullah pernah ditanya, wahai Rasulullah manakah diantara kawan-kawan kami yang terbaik?
.
Beliau menjawab : "seseorang yang dengan melihatnya mengingatkan kalian kepada Allah, Dengan perkataannya bertambah amal kebaikan kalian,  dan amal-amalnya mengingatkan kalian kepada akhirat." (HR. Abu Ya'la)
.
Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman dalam sabda beliau :

"Permisalan teman yang baik dengan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dengan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau akan mendapatkan bau asapnya yang tak sedap." (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)
.
Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya." (HR. Abu daud dan Tirmidzi di shahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam silsilah Ash-Shahihah No.927)
.
Selain hadits-hadits diatas, Allah sendiri telah berfirman soal memilih sahabat ketika di dunia,
.
"Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja dengan mengharap Ridha-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hati nya telah Kami lalaikan dari mengingat kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaanya itu melewati batas." (Al-kahfi : 28 )
.
Sumber : nasihat-nasihat Aa Gym / @tausiyahku_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar